CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 19 November 2013

RJ-45


Lagi-lagi di blog ini saya akan menuliskan sesuatu, jangan pernah bosan-bosan untuk membacanya yaaa J
Naaah, tema yang akan saya bahas pada kali ini adalah tentang “RJ-45”, kalau boleh jujur sih sebenernya saya juga baru mengetahui apa itu RJ-45 hehe mari kita bahaaaas.

Sebagaian dari kalian pasti sudah ada yang mengtahui atau mungkin ada yang belum mengetahui apa itu RJ-45 dan kegunaan dari kabel RJ-45 itu sendiri kan? Disini saya akan mencoba menjelaskan, semoga kalian bisa mengerti yaa J

Pengertian RJ-45
RJ itu sendiri singkatan dari Registered Jack.  Sedangkan RJ-45 adalah konektor kabel Ethernet atau konektor penghubung tempat kabel-kabel yang ada pada kabel UTP di tempatkan. RJ bisa di ibaratkan kepala dari kabel jaringan dimana melalui RJ-45 inilah kabel di hubungkan ke port jaringan yang ada pada sebuah komputer atau peralatan lainnya. RJ-45 ini juga biasa digunakan dalam topologi jaringan komputer LAN (Local Area Network) maupun jaringan komputer tipe lainnya. RJ-45 tersebut mempunyai 8 pin yang masing-masingnya mempunyai tugas yang berbeda-beda.

Contoh gambar RJ-45 seperti ini




Konektor kabel RJ 45 Mediatech memiliki konfigurasi tiga macam, sesuai dengan perangkat yang ingin dihubungkannya:

1.      Straight Through Configuration
Straight/ lurus, kabel jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan dengan tingkat hierarki yang berbeda. Seperti menghubungkan komputer ke swicth, hub, atau router. Sebagai contoh adalah ketika kita menghubungkan PC ke jaringan komputer kita di kantor lewat switch. Tipe kabel jenis ini lebih umum digunakan dan relatif lebih mudah dalam penyusunan kabelnya saat memasang konektor RJ-45. Susunan kabel straight/lurus pada RJ 45 adalah putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih cokelat, cokelat.

Contoh gambar kabel straight




2.      Cross Over Configuration
Cross/silang, kabel jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan dua perangkat jaringan dengan hierarki setingkat atau untuk hubungan antar komputer. Sebagai contoh koneksi antara PC ke PC, atau PC ke AP Radio, Router ke router. Susunan kabel di croos berbeda dengan straight, kalau croos putih hijau, hijau, putih orange, biru, putih biru, orange, putih cokelat, cokelat. Namun perlu diketahui pengaturan warna yang disusun hanyalah sebagai standarisasi agar kemudahan dalam pembuatannya ataupun perbaikannya.

Perhatikan gambar dibawah ini




3.       Kabel Rollover
Kabel jenis ini biasanya digunakan untuk mengakses router dengan PC/laptop kita. Konfigurasi kabel jenis ini cukup simpel karena kita tinggal membalik urutan kabel yang kita pasang di satu sisi. Misal kita menggunakan standar 568B (standar untuk kabel straight through), maka kita tinggal membalik urutan menjadi coklat untuk urutan pertama di ujung kabel yang lain.

Fungsi RJ-45
Konektor RJ-45 berfungsi sebagai penyambung antara kabel UTP (Unsield Twisted Pair) ke Transceiver.
RJ-45 dikhususkan penggunaannya untuk kabel UTP saja, biasanya konektor RJ-45 dan kabel UTP ini sering digunakan untuk keperluan jaringan komputer.

Sekian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat J

Terimakasi buat
http://mediatech.co.id/mediatech-catalog/networking/item/root/rj-45.html

Untuk informasi yang lebih lanjut mengenai alat yang digunakan untuk saluran ke internet bisa lihat disini
Tentang Modem klik disini
Tentang RJ-11 klik disini
Tentang Koneksi Melalui Kabel telepon klik disini
Tentang Router klik disini

0 komentar:

Posting Komentar